Selasa, 03 April 2012

Honda Astrea Prima: AGAR KONDISI TETAP PRIMA

Di jalanan masih banyak ditemui Honda Astrea Prima dengan kondisi masih fit. Ini bukti tertibnya perawatan berkala yang dilakukan sang pemilik. Prima muncul dengan masa kejayaan Honda di kelas bebek, di mana saat itu hanya Honda yang punya amunisi bebek 4 tak.
Meskipun dari segi desain Prima kalah dengan motor sekarang, tapi urusan performa mesin, Prima tak kalah. Terutama Prima yang engkel minus dobel starter.  Faktor apa saja yang menjadi penentu agar umur Prima tetap panjang, baik di sektor eksterior dan daleman mesinnya ?

KEAUSAN DI SEPUTARAN BODY-BODY

RANGKA
Rangka monokoknya menganut model pressed steel pola back bone. Dari segi kestabilan dan kekuatan boleh diandalkan, dalam hal ini memang Prima tak bisa dilawan. Hanya saja di usia 10 tahunnya, mesti rajin melakukan pengecekan kondisi terutama di bagian bawah tangki. Sebab di bagian itu yang rawan terjadi keropos.

Untuk pencegahan sebenarnya mudah dilakukan dengan aktif membersihkan kolong spatbor. Tapi kalau sudah terlanjur kejadian kolong rangka keropos, secepatnya dibenahi di bengkel las. Untuk mengganti plat rangka yang sekaligus dijadikan bodi itu.

Penyebaran titik-titik korosi wajib dicegah. Maka lebih dari itu penggantian plat rangka juga perlu dilakukan. Sedang bagian tangkinya, cukup bersihkan kerak yang berpeluang menjadi korosi. Cukup pakai bantuan kerikil kecil dan campur dengan bensin, kemudian kocok hingga bersih.

SOK BELAKANGSok belakang dibungkus tabung dan dilengkapi penyetel tunggal-dobel, artinya tingkat kekenyalan sok belakang bisa diatur. Kalau berkendara boncengan, tuas penyetelnya tinggal diposisikan pada boncengan. Fitur ini yang sampai sekarang ramai diaplikasi bebek mopang lainnya.

Meski demikian, sok belakang Prima kadang mengalami problem bocor, menjelang usia 15 tahun. Itu sih lebih dari wajar. Untuk penggantian, alternative lain bisa memakai sok belakang Grand Imprrezza yang dilengkapi tabung, agar peredam kejutnya tetap steril.

MEREMAJAKAN HOLDER KANAN KIRI Terkait masalah kabel bodi dan fungsional serta kenyamanan berkendara, maka sektor ini yang mutlak wajib dilakukan penggantian seiring dengan usianya. Kondisi kerusakan pada daleman holder dan switch bukan disebabkan penyimpangan, tapi lebih banyak disebabkan oleh ausnya konektor, pegas dan mulai ngevong nya kabel holder.

Dengan begitu pengoperasian sein, dobel starter dan bel jadi terganggu dalam pemakaiannya. Kalau daleman holder nya masih bisa dibenahi, cukup bongkar holder dan atur ulang susunan pegas dan konektornya. Kalau tak memungkinkan untuk dibenahi, lakukan penggantian holder baru. Alternatif nya bisa mengaplikasi holder Supra Fit. pid

.:.

PENGECEKAN BUAT MENJAGA PERFORMA MESIN

AS KRUK WAKTUNYA DISENTER Ciri khas saatnya disenter saat stasioner suara mesin tak bisa normal waktu putaran idle. Dan suara mesin agak ginjal, intonasi rpm tak rata, kecil… besar…kecil…. besar dan seterusnya. Sudah jangan diteruskan untuk memakainya, langsung saja dibawa ke bengkel umum rujukan yang dipercaya.

Kalau bisa pembongkaran as kruk sampai menyenter as kruk ditunggu hingga selesai dan pastikan bisa dilakukan dalam 1 hari, artinya mesin tak sampai nginap di bengkel. Dan permasalahan paking nya, sediakan bajet lebih untuk belanja paking top set, mulai dari paking kertas, seng, sil, hongga O-Ring.  

KEBERSIHAN OLI MESIN Sebisa mungkin, kebersihan oli mesin dijaga dengan baik, dengan rajin berkala mengganti oli mesin di setiap 1500 km. Selain itu sektor screen oli filter juga wajib dibersihkan di setiap 12 ribu Km, untuk menghilangkan serbuk besi yang mengendap di screen oli filter.

Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan fungsi pompa oli yang masih mengandalkan duet gigi model rotary. Sebab, benda asing tak jarang yang menyebabkan pompa oli terganjal lalu macet. Dan kemudian menyebabkan gir pompa oli yang diggerakkan rantai camrat macet.

ROCKER ARM AUS Masa aktif pemakaian rocker arm Prima bisa dipakai hingga 10 tahun atau 1.440.000 Km. Dalam hal ini memang sudah saat nya dilakukan penggantian rocker arm. Ciri khas nya clearence stelan katup tak bisa dihasilkan tertib sesuai dengan ukuran fuller guage. Artinya, saat kondisi katup distel normal di 0,05 mm, suara mesin tetap berisik.

Kalau sudah begitu, sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada kondisi tapak rocker arm. Kalau coakan yang ditimbulkan di permukaan tapak rocker arm cuuan 3 mm, sebaiknya cukup diratakan dengan gerinda duduk. Kalau lebih dari itu, sebaiknya dilakukan penggantian rocker arm.   pid

.:.

JAGA PERFORMA PENGAPIAN, CEK KONDISI SPUL

Sistem pengapiannya menganut model AC, bergantung pada putaran magnet dan spul sebagai sumber listrik untuk pembakaran dan isi ulang aki. Konstruksi spul kering seperti yang diaplikasi Prima, dalam jangka panjang juga acap bermasalah. Mengingat perangkat spul tak ada pendinginnya.

Pasal itu jangan segan-egan untuk memeriksa kondisi spul. Terutama pelapisnya, kalau sampai bocor debit arus listrik diyakini menyusut. Dan perlu dilakukan penggantian spul satu set. Apalagi kalau ditinjau dari umur Prima yang sudah 22 tahun. pid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar